" Selamat datang Di MY-Resep.Blogspot.Com "

Monday, February 15, 2010

Pentingkah Sarapan Untuk Anak Anda?

Di pagi hari, tubuh dan pikiran membutuhkan energi yang cukup agar berfungsi dengan baik. Energi yang dibutuhkan tentunya didapatkan dari sarapan. Sarapan tidak hanya dibutuhkan untuk orang dewasa, anak-anak juga sangat membutuhkan.

Sarapan penting bagi anak-anak, pasalnya sarapan membantu memberi nutrisi pada anak yang dibutuhkan setelah jeda hampir delapan sampai sepuluh jam istirahat malam. Selain itu sarapan juga menyokong energi yang masuk untuk konsentrasi dalam belajar.

Bagi siswa, sarapan baik untuk membantu mereka dalam proses belajar di sekolah. Sebagai contoh bagi mereka yang jarang sarapan, kurangnya asupan pagi membuat mereka tidak energik memulai hari-hari mereka saat belajar sehingga mempesulit anak untuk belajar hal-hal baru misalnya.

Pentingnya sarapan untuk anak-anak obesitas atau kelebihan berat badan, ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Obesitas terutama bagi remaja cenderung mengabaikan sarapan dengan harapan berat badannya akan turun. Namun fakta sebaliknya, fungsi sarapan itu sendiri dapat mengembalikan metabolisme tubuh saat tidak mendapatkan makanan apapun pada malam hari (saat tidur). Tapi dengan sarapan metabolisme tubuh secara otomatis akan dikembalikan, sehingga energi yang dihasilkan mampu membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh.


Sarapan sehat

Karbohidrat sangat baik untuk sarapan, selain menghasilkan energi, karbohidrat juga memiliki nutrisi, terdiri dari protein dan kalsium yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan otot. Vitamin dan mineral juga bahan-bahan penting yang harus dimasukan dalam asupan sarapan. Buah jangan sampai lupa. Setidaknya minimal satu jenis buah segar disertakan dalam sarapan, atau bisa dibuat dalam bentuk jus.

Sereal yang kaya akan karbohidrat, serat dan lemak juga bisa menjadi salah satu pengganti nasi atau roti. Sebagian besar sereal yang saat ini tersedia sudah banyak mengadung vitamin, asam folat, mineral san zat besi. Cukup dengan tambahan susu, sarapan sehat siap untuk anak-anak Anda.

Roti dan telur panggang juga bisa jadi sarapan sehat. Roti panggang berasal dari gandum yang kaya akan serat dan baik untuk kesehatan pencernaan, sementara itu telur merupakan sumber protein. Jangan lupa tambahkan susu untuk melengkapinya.

No comments:

Post a Comment